Rabu, 05 April 2017

Cara Menghemat Kuota | Menghemat Data | Aplikasi Penghemat Data

Cara Menghemat kuota | Menghemat data - Satu sisi kita ingin agar koneksi internet cepat baik disaat browsing, mendownload, maupun saat kita sedang online dengan aplikasi sosial media, nonton video streaming dan lain sebagainya, namun di satu sisi kita pastinya kesal dengan kuota internet yang boros, terlebih lagi paket kuota internet dari semua provider saat ini masih kategori mahal.

Soal bagaimana cara mempercepat koneksi internet sudah pernah saya bahas pada artikel terdahulu, jika menurut anda artikel ini penting dan menarik untuk diketahui anda bisa membacanya pada link di berikut ini. Baca => cara mempercepat koneksi internet

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara menghemat kuota atau menghemat data internet pada saat kebutuhan kita terhadap internet hampir 24 jam.

Cara menghemat data internet selalu berkaitan dengan aktifitas apa yang biasa anda lakukan misalnya browsing, aktifitas di media sosial semacam whatsapp, facebook, instagram, BBM an ataukan anda lebih sering mendownload data atau video atau mp3 dan lain sebagainya.

Semua aktifitas di internet tersebut diatas sebisa mungkin agar kita dapat menghemat kuota minimal 30 sampai 50 persennya. untuk itu mari kita simak beberapa cara menghemat kuota atau mengehemat data internet khususnya pada smartphone.

Cara menghemat kuota | menghemat data

Cara Menghemat Kuota | Menghemat Data | Aplikasi Penghemat Data

Cara menghemat data atau kuota saat browsing
1. Pada browser google chroom anda bisa melakukan pengaturan untuk membatasi penggunaan data caranya yaitu : jalankan google chroom => klik icon pojok kanan atas =>klik  setelen => klik pengelolaan bandwith => klik kurangi penggunan data => geser kekanan icon yang terletak di pojok kanan atas untuk mengaktifkan fitur kurangi data.

2. Gunakan browser opera mini
Selain dikenal sebagai browser tercepat opera mini juga desain agar menghemat data. sebagai alternatif anda bisa menggunakan browser opera mini ini. caranya tentu dengan mendownload opera mini.
Cara Menghemat kuota pada aplikasi sosial media
1. Menghemat data pada Facebook
Jika sehari-hari anda sibik di aplikasi facebook ini ada dua cara bisa anda lakukan yaitu :
  • Masuk facebook dengan browser dan gunakanlah browser opera mini atau dengan google chroom setelah mengaktifkan fitur pengurangn data.
  • Gunakan aplikasi facebook lite. dibandingkan dengan aplikasi facebook seluler versi reguler, aplikasi facebook lite memang didesain agar anda dapat menjalankan aplikasi facebook dengan sangat ringan dan cepat sekaligus untuk menghemat kuota internet. silahkan gunakan facebook lite dengan mendownlaod facebook lite.
Download aplikasi facebook lite
  • Sebaiknya gunakan aplikasi media sosial lainnya dalam versi lite, misalnya line lite, mesengger lite, dan yang lainnya.
2. Cara menghemat data pada aplikasi Whatsapp
Jika anda juga menggunakan whatsapp dalam menjalin komunikasi dengan teman-teman, anda juga perlu melakukan pengaturan untuk menghemat data, caranya yaitusebagia berikut :
  • Non aktifkan download otomatis dengan cara masuk setelan whatsapp => penggunaan data => unduh otomatis => saat menggunakan data seluler => hilangkan centang pada foto, audio, video dan dokumen.
  • menghemat data pada panggilan whatsapp = masuk setelan whatsapp => setelan panggilan => centang gunakan data minimum

Cara menghemat kuota dengan me non aktif sinkronisasi otomatis
menonaktifkan sinkronisasi otomatsi pada aplikasi online berfungsi untuk menonaktifkan segala pemberritahuan atau berbagai notifikasi lainnya baik pembaharuan otomatis, notifikasi pesan masuk, status baru pada sosial media lainnya. dengan demikian anda akan mengurangi kesibukan aktifitas dari masing-masing aplkasi online tersebut.

Cara menon aktifkan sinkronisasi otomatis sebagai berikut :
Masuk setelan atau setting atau pengaturan pada ponsel anda => akun => klik aplikasi yang terdapat pada akun tersebut misalnya google, facebook, whatsapp atau dan yang lainnya  => klik non aktifkan sinkorinisasi. lakukan hal yang sama pada masing-masing akun lainnya yang terdapat pada ponsel anda.

Cara menghemat data dengan batasi penggunaan latar belakang
Semua aplikasi pada ponsel anda sebenarnya berjalan secara otomatis dibelakang layar dan menguras kuota internet anda.

Oleh karena itu jika ingin menghemat kuota internet silahakn aktifkan fitur "batasi penggunaan data latar belakang" Caranya => masuk setelan => Penggunaan data => klik icon pada pojok kanan atas => centang "batasi data latar belakang ". 

Hemat data anda dengan menghindari streaming video
Jika anda kaya dengan kuota internet silahkan lakukan streaming video karena betapapun berlimpahnya kuota internet anda saya pastikan hanya dalam hitungan hari kuota internet anda akan segera habis.  

Jika anda ingin menghemat kuota dan anda benar-banar harus menonton video tersebut saya sarankan agar sebaiknya anda mendownloadnya. keuntungannya adalah selain hemat data anda dapat menontonnya berulang-ulang kali tanpa menguras kuota, karena file video sudah tersimpan pada ponsel anda.

Download video menggunakan tubemate
Youtube adala situs penyedia video anda bisa anda download video diyoutube atau dengan cara streaming, namun sebagaimana saran diatas sebaiknya anda mendownloadnya. nah untuk mendownload video youtube sebaiknya anda menggunakan aplikasi tubemate youtube downloader.

Kelebihan tubamate yaitu ketika anda mendownload video youtube anda akan diberikan pilihan jenis kualitas gambar video misalnya HD, blue ray MP4 atau 3GP dan MP3. ini artinya sebelum anda mendownloadnya anda diberikan kesempatan untuk mengkonvesi format file video tersebut. 

Untuk kapasitas terkecil sebaiknya anda pilih jenis file video 3GP. sehingga dengan demikian anda lebih hemat kuota.

Nah jika anda berminat menggunakan aplikasi tubemate youtube downloader ini silahkan download aplikasinya di link berikut ini. 
Donwload aplikasi penghemat data
Saran saya yang terakhir untuk mengemat data, perlu dicoba beberapa aplikasi penghemat kuota yang bisa anda download aplikasinya di link berikut ini. mudah-mudahan aplikasi ini benar-benar memberik efek yang signifikan.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi penghemat data yang bisa anda download dan anda jalankan. silahkan copy paste link berikut ke sidebar di browser anda.

1. My data mananger =>  https://goo.gl/W6dGbC
2. CM data Manager => https://goo.gl/iRrF21
3. Opera max => https://goo.gl/1heq45

Silahkan download salah satu dari aplikasi penghemat data tersebut diatas dan jalankan. anda bisa mencoba satu persatu aplikasi tersebut dan rasakan sendiri manakah aplikasi penghemat data yang paling berpengaruh untuk menghemat kuota internet anda.

Itulah beberapa tips dan cara menghemat kuota atau menghemat data internet agar kuota internet anda tidak dapat anda nikmati jauh lebih lama dari pada sebelumnya. Terima kasih atas kunjugan anda dan telah membaca artikel Cara Menghemat Kuota | Menghemat Data | Aplikasi Penghemat Data di downloadbuatdaftarakun.blogspot.com

Cara Menghemat Kuota | Menghemat Data | Aplikasi Penghemat Data Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown